Sabtu, 29 Mei 2010

Beberapa Manfaat Permainan dalam Pembelajaran Matematika


Proses pembelajaran menjadi lebih menarik
Media game terdiri dari unsur visual (dapat dilihat), audio (dapat didengar) dan gerak (dapat berinteraksi). Jadi media game ini dapat membangkitkan keingintahuan siswa, merangsang reaksi mereka terhadap penjelasan guru, memungkinkan siswa menyentuh objek kajian pelajaran, membantu mereka mengkonkretkan sesuatu yang abstrak dan sebagainya.
Sikap positif siswa terhadap bahan pelajaran maupun terhadap proses belajar itu sendiri dapat ditingkatkan
Dengan media, proses belajar mengajar menjadi lebih menarik. Hal ini dapat meningkatkan kecintaan dan apresiasi siswa terhadap ilmu pengetahuan dan proses pencarian ilmu itu sendiri.

Kualitas belajar siswa dapat ditingkatkan
Selain lebih efisien dalam proses belajar-mengajar seperti diuraikan diatas, media game dapat membantu siswa menyerap materi pelajaran secara lebih mendalam dan utuh. Hal ini disebabkan media game lebih menarik karena ada unsur visual dan audio tetapi juga interaktif yang membuat siswa bisa ber-interaksi dengan program game tentang suatu mata pelajaran. Contohnya adalah Quiz game.

Proses belajar dapat terjadi dimana saja dan kapan saja

Perkembangan teknologi yang semakin pesat, memungkinkan siswa saat ini dapat memiliki laptop dengan harga yang murah. Perangkat ini mempunyai kelebihan dapat dibawa kemana – mana dan dapat digunakan kapan saja. Media game biasanya berbentuk CD interaktif yang dapat dipergunakan kapan saja. Sehingga media game sebagai media pembelajaran dapat dipergunakan kapan saja dan dimana saja.
Siswa sudah mengenal konsep penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian sejak mereka berada di sekolah dasar. Mereka belajar untuk penjumlahan dan pengurangan angka 1 hingga 100, bahkan lebih. Fakta saat ini sebagian besar siswa kurang mempunyai rasa ketertarikan atau kesukaan terhadap matematika. Hal tersebut kelak dapat memberikan pengaruh negatif terhadap tumbuh kembangnya anak. Inilah yang menjadi tantangan guru untuk mengubah system pendidikan khususnya pembelajaran matematika agar lebih menarik dan disukai siswa.



MATH SNAKESLADDERS

permainan Ular Tangga Matematika kali ini adalah metode yang mengintegrasikan permainan ular tangga dengan perhitungan matematika , sehingga pemain dapat belajar matematika sambil menikmati permainan

S e k i l a s T e n t a n g
U l a r T a n g g a (Snakes Ladders)

Ular tangga adalah permainan papan untuk anak-anak yang dimainkan oleh 2 orang atau lebih. Papan permainan dibagi dalam kotak

-kotak kecil dan di beberapa kotak digambar sejumlah "tangga" atau "ular" yang menghubungkannya dengan kotak lain. Permainan ini diciptakan pada tahun 1870.

Cara bermain Math snakes ladders

Cara bermain Math snakes ladders pada umumnya sama dengan permainan lainnya, akan tetapi terdapat inovasi yang mengandung aplikasi matematika di dalamnya….

Inovasi permainan ular tangga pada Math Snakes Ladders

Apabila pion berada pada kotak yang diberi tanda pada permainan Snakes Ladder, maka pemain harus mengerjakan perintah, sesuai dengan perintah yang ada dikotak ular tangga tersebut… seperti mengerjakan soal matematika, menghafal dan sebagainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar